7 Mei 2020

5 Sumber Penderitaan dalam Hidup

Resume Kajian bareng Ust Dedy Irawan

Ada 5 sumber penderitaan dalam hidup. Jika salah satunya ada pada dirimu maka dijamin hidupmu tidak akan bahagia. 

1. Tidak bisa melupakan masa lalu. Move on kawan.. Allah tahu semua dukamu. Belajarlah mengikhlaskan dan memaafkan. Kita berhak bahagia 😊 Hidup itu ada suka ada duka. Semua ada masanya.

2. Tidak bisa menerima yang ada saat ini. Ngeluuuh aja terus, "Kenapa begini? Seandainya begitu." Gak ada syukurnya. Coba baca QS Ibrahim ayat 7 kalau kita bersyukur Allah akan menambah nikmatnya.  Pasrah, terima, ridho dengan segala ketetapan Allah. Hadirkan hati yang bahagia di mana pun, dengan siapapun dengan kondisi apapun 
3. Terlalu mengkhawatirkan masa depan. Masa depan itu misteri. Kalau kita terlalu khawatir, hidup jadi nggak tenang. Rezeki jodoh maut sudah Allah yang jamin. Manusia punya rencana tapi Allah yang menentukan. Dan ketentuan Allah pasti yg terbaik untuk kita. 

4. Tidak bisa memaafkan. Apa pun yg terjadi dalam hidup kita, semua atas kehendak Allah. Ada sahabat Rosulullah yang masuk surga padahal ibadahnya biasa saja. Tapi ternyata dia punya kebiasaan, setiap malam sebelum tidur ia selalu memaafkan semua orang yg menzoliminya.

5. Meletakkan kebahagiaan di mulut orang lain. Sibuk cari perhatian orang, ngikutin apa kata orang. Kalau kayak gini caranya kita gak akan pernah bahagia. Pernah denger cerita tentang seoarang anak, ayah, dan keledainya? Ikuti kata Allah.


Penghambat kebahagiaan ada dalam salah satu diatas. Pastikan tidak ada satupun yang sedang menempel di hatimu. Sukses adalah efek ketika kita bisa bahagia dengan diri sendiri. Ketika kita bisa bahagia dan bersyukur maka kesuksesan akan mengikuti. Teruslah berprasangka baik kepada Allah. 

Segala persoalan dalam hidup ini sesungguhnya tidak untuk menguji seberapa besar kekuatan dirimu tetapi menguji seberapa besar kesungguhanmu dalam meminta Pertolongan Allah.

4 komentar:

  1. Terima kasih, postingan ini betul-betul mengingatkan

    BalasHapus
  2. benaran dong! terima kasih kerana telah mengingatkan :)

    BalasHapus
  3. singgah sini ^^Y

    https://nasuha-itsmyessay.blogspot.com/2020/09/aku-bagi-kotak-misteri-pada-blogger.html

    BalasHapus

 

Belajar bersama, berbagi cerita Template by Ipietoon Cute Blog Design