23 Jan 2018

Catatan Perjalanan: Kuliner Bandung

Bandung.. I’m come back.. ^_^ Alhamdulillah bisa menginjakan kaki lagi di kota yang sejuk ini. Kali ini kedatanganku ke sini buat menghadiri acara Musyawarah Nasional Forum Lingkar Pena yang ke empat. Big thanks to DPD PKS Bontang, Ibu Muthi Masfu’ah, mb Dita, BMBU Bontang, dan Pak Taufik (HPAI Bontang) atas kucuran dana yang diberikan kepada FLP Bontang sehingga kami bisa menghadiri hajatan besar para penulis dari seluruh dunia yang tergabung dalam Munas ke 4 FLP.
Oke,, aku ingin sedikit berbagi cerita tentang kuliner khas sana. Waktu itu jam sebelas malam, kami ngabur dari acara munas setelah ngasi vote buat calon ketua umum FLP yang baru.. waktu itu malam terakhir kami di Bandung, subuh kami udah harus bertolak ke Jakarta dan gak bisa ikut agenda selanjutnya di Masjid Agung, so gak papa lah ya kami ke sono duluan.. jauh euy dari Kaltim sayang kalau gak ke alun-alun kota. Dulu waktu ke Bandung acara FSLDKN gak sempat jalan2 begini.. hehe
Di sana kalo malam banyak penampakan.. gak papa sih kalo penampakannya diam aja masalahnya mereka mah suka ngagetin, ngejar-ngejar pula, bikin tambah sawan.. anime, robot, sampe bidadari dari kahyangan juga ada.. but harus siapin uang ribu ribuan buat foto bareng mereka..

Udah sampe sana gak afdhal kalo gak ngerasain kulinernya.. Nyobain seblak aseli Bandung,, iihh.. enak ternyata.. sesuai lidah  banget asin pedeeess.. yummy.. 15K dapat semangkuk gede plus mangkuk-mangkuknya.. Ada juga yg beli cilok, surabi, comro semuanya enak sih,, but perut gak bisa menerima lebih banyak lagi.. coz sebelumnya udah diisi ama batagor.. 





Batagor sini (Bontang) ama batagor asli sana beda.. wehh kalo inget jadi ngiler deh.. batagornya empuk banget, enak..Ada batagor biasa ada batagor kuah, dua duanya enak pisaan euy.. kuahnya mirip kuah bakso, sama mamangnya diracik dulu pake bawang goreng and serbuk gak jelas gitu #ahaha kalo gak salah harganya 10K lokasinya di depan masjid Istiqomah masih deket2 kawasan Wisma PU jalan R.E. Martadinata Bandung. Ceritanya ngabur bentar waktu break acara munas. Sangking enaknya aku lupa buat foto dulu.



Satu lagi rasa yang ngangenin dari Bandung adalah Sekuteng. Minuman hangat dari sari jahe yang diisi dengan kacang tanah, kolang kaling, mutiara, roti tawar, dsb. Mamang yang jualan sekuteng biasa beroperasi ketika malam hari.





Trus ni waktu jalan2 ke Lembang kami berhenti sebentar di pinggir jalan. Kebetulan ada tukang bubur naik haji #ehh tukang bubur ayam maksudnya sedang mangkal di pinggir jalan. So kami berhenti sebentar untuk mengisi perut. Keluar dari mobil, menghirup udara khas puncak yang sejuuuk dan alami tanpa polusi. Suhanallah wal hamdulillah wala ilaha illallah allahu akbar. Bersyukur sekali bisa sampai di kota ini. 
So far, lidahku cocok banget sama kuliner di Bandung. Kebanyakan sensasinya adalah asin pedas. Mak nyusss. Aku berharap bisa kembali lagi ke sana. Semoga.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar bersama, berbagi cerita Template by Ipietoon Cute Blog Design